RSS Feed

Nilai Sesungguhnya Lebaran..

Posted by Maliq Abd


Picture Repro Google
     ''Jangan harapkan adanya penambahan materi atau uang seperti halnya Tunjangan Hari Raya (THR) pada dirimu ketika mendekati Lebaran, melainkan harapkan adanya penambahan nilai pada sikap dan tingkat religuitasmu ketika mendekati Lebaran''
    Kata itu mendasari saya untuk sedikit mengungkapkan kecendrungan manusia ketika mendekati Lebaran.
     Bukan berarti menggurui atau bersikap sok alim ketika saya coba mengungkapkan kecendrungan tersebut, melainkan realitasnya memang demikian.
     Ketika saya sendiri berharap demikian yakni adanya penambahan materi, memang tidak ada salahnya, namun materi atau uang yang bertambah dalam bentuk THR itu hanya bisa dinikmati sekejap, bahkan seminggu setelah Lebaran bisa habis.
     Sementara jika kita berharap pada nilai perubahan dalam diri, dan memang terjadi, itulah kemenangan yang sebenarnya dalam Lebaran.
     Ukuran penambahan nilai itu bisa dilihat secara nyata dari berubahnya sikap kita yang menjadi lebih bijak, serta adanya rasa keinginan lebih pada nilai ibadah.
       Namun, jika berharap penambahan materi, kemungkinan besar kita akan berusaha mengkikis harapan yang seseungguhnya tersebut.
     Karena selama ini jika Lebaran datang, selalu ada rasa gembira yang memang tidak bisa diungkapkan dengan kata, bahkan hati kita pun seolah salah tingkah ketika 1 Syawal tersebut datang.
     Hal itu dikarenakan adanya harapan hakiki (yang sebenarnya) pada penambahan nilai dalam diri manusia, namun terkadang kita sendiri mengikisnya, sehingga seolah-olah yang menjadi tujuan utama adalah penambahan materi tersebut.
     Jika seorang manusia tidak mempunyai rasa gembira dalam menyambut Lebaran, ''Summanaudzubillah'' mungkin hati kita sudah mati.
     Mudah-mudahan, tulisan singkat ini bisa menjadi intropeksi bagi diri penulis serta pembacanya, sehingga bersama-sama berharap pada nilai yang sesungguhnya tersebut.

Selamat Lebaran..

[malikpunya.blogspot.com] 

0 komentar:

Posting Komentar