RSS Feed

Jangan Kekang Pikiran Kita

Posted by Maliq Abd

Setiap manusia pastinya punya standardisasi pola pikir dan sikap yang berbeda-beda terhadap orang lain.

Kita, kadang menstandarkan pola pikir dan sikap orang lain untuk sesuai dengan kita.

Hal itu tidak bisa disalahkan, namun saat kita menemukan cara berfikir dan sikap seseorang yang tidak sesuai dengan standar kita, maka yang terjadi adalah "baper" atau masuk ke perasaan kita.

Padahal, kalau dilihat dari potensi otak, Sang Pencipta menciptakan otak manusia sedemikian luar biasanya dan berbeda-beda.

Hanya karena standar yang kita buat, potensi itu kita kerdilkan dan sempitkan.

Apakah itu dilarang?, tentu soal dilarang atau tidak bukanlah kewenangan saya menghakimi dalam tulisan yang sederhana ini.

Beragamnya pola pikir dan sikap yang ada pada manusia adalah bagian dari dinamika manusia itu sendiri, karena setiap jengkal langkah manusia selalu mempunyai catatan
sejarah tersendiri yang membuat munculnya beragam pola pikir dan sikap tersebut.

Manusia dalam hal ini juga tidaklah harus menjadi penghakim yang memutuskan bahwa pola pikir dan sikap yang tidak sesuai standar kita adalah salah, karena dibalik itu ada relatifisme latar belakang yang muncul dari pola pikir tersebut.

Perlu kiranya bijak melihat perbedaan pola pikir tersebut, dan tidak perlu membuat standar pola pikir, karena akan terjadi pengekangan potensi otak manusia itu sendiri.

Baik atau tidak itu merupakan kewenangan akhlak yang menentukan, sehingga dengan bersikap bijak akan bisa mengetahui dari inti pola pikir yang ada.

Karenanya, manusia hidup hanyalah bertugas menjalani serta menikmati beragam potensi besar yang diberikan Sang Pencipta kepada kita, dan terus bersyukur tanpa adanya standar yang malah mengkerdilkan pikiran.

Jadi, jangan Kekang Pikiran dengan standar yang kau buat, agar bisa terus menerima ilmu atau cara pandang lain yang memperkaya dan mampu memfungsikan potensi besar otak kita... amin.

Salam Takdzim...



0 komentar:

Posting Komentar