RSS Feed

Sensasi Bakso Rasa Keju dan Mercon

Posted by Maliq Abd

Malang - Teringat apa yang dicari seorang teman dari Jakarta ketika kali pertama tiba di Kota Malang, Jawa Timur, yakni "dimana penjual Bakso yang paling enak?," ucap teman tersebut.

Ucapan itu menunjukkan bahwa Kota Malang disisi lain juga dikenal dengan makanan khas baksonya disamping sejumlah makanan lainnya.

Sensasi kuliner Bakso di kota berpenduduk sekitar 800 ribu jiwa itu memang banyak ditemukan. Sebut saja, Bakso Bakar, Bakso Asap, Bakso Kota Pak Man serta Bakso Duro dengan ciri khas penjual asal pulau garam Madura.

Sejumlah nama bakso itu menawarkan sensasi rasa dan warna kuliner yang bisa menggoda lidah serta meminta anda untuk mampir mencobanya.

Dari sekian nama bakso itu, ada pula tawaran bakso yang menggoda selera dengan rasa yang cukup unik karena memiliki kekhasan tersendiri dengan rasa yang berbeda.

Disebut unik, karena yang ditawarkan sangat berbeda dengan bakso lainnya, seperti halnya bakso rasa keju.

Keju yang selama ini dikenal selalu bergandengan dengan roti, ditangan Karsono digabungkan dengan bakso, namanya pun menjadi Bakso Keju.

Sementara Bakso Mercon, adalah bakso yang didalamnya berisi sepotong cabai, sehingga ketika pembeli mengigit bakso itu, akan langsung terasa pedasnya.


"Disebut mercon karena ketika pembeli menggigit bakso itu, cabainya langsung "mletek" (meledak), makanya kita sebut Bakso Mercon," kata Karsono.

Selain dua nama bakso ini, Karsono yang akrab dipanggil "Cak Kar" itu juga menawarkan rasa bakso lainnya, seperti Bakso Coklat, Jamur serta rasa Sum-sum.

Cak Kar mengatakan, ide awalnya membuat bakso dengan berbagai rasa ini dimulai ketika dirinya frustasi dengan penghasilan dari penjual bakso biasa secara berkeliling.

Kemudian memasuki awal tahun 2010, dengan banyak membaca sejumlah majalah dan koran, Cak Kar mulai mencoba terobosan baru dengan menambah rasa yang berbeda-beda di dalam baksonya.

Alhasil, terobosan ini pun dinilai sukses karena penghasilannya dari penjual bakso dengan berbagai rasa ini meningkat tajam hingga 1000 persen, hingga mampu membeli sebuah mobil dan motor baru.

"Pelanggan saya mulai bertambah, dan saya tidak lagi berkeliling karena banyak pembeli yang datang ke rumah saya, sehingga rumah saya sekalian dijadikan depot Bakso Cak Kar," katanya.

Lokasi rumah Cak Kar yang juga dijadikan depot bakso itu berada di Jalan Anosopati 3 Jandirejo, Singosari, Kabupaten Malang.

Untuk harga semangkok bakso dengan berbagai rasa, cukup terjangkau, yakni Rp15 ribu. "Kalau lengkap dapat semua rasa, seperti Keju, Sum-sum, Coklat, Mercon serta Jamur, ditambah minuman," katanya.

1 komentar:

  1. muslih21

    makyus pasti rasanya...harganya berkisar berapa gan

Posting Komentar