RSS Feed

Teh Putih, Teh Sejati

Posted by Maliq Abd foto



Malang - Kebun teh Wonosari, Lawang yang berada di kaki Gunung Arjuno merupakan agrowisata kebun teh yang berada sekitar 30 km arah utara Kota Malang.

Pada umumnya keberadaan kebun teh, selalu menawarkan suasana pegunungan yang sejuk dengan panorama keindahan alam. Namun berbeda dengan Kebun Teh Wonosari, sebab selain menawarkan suasana tersebut, produk tehnya sangatlah berbeda dibandingkan dengan kebun teh daerah lainnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI).


Ya, produk tersebut adalah teh putih atau orang biasa menyebutnya "white tea".

Wakil Manajer Kebun Teh PTPN XII, Made Susilatama mengatakan, kebun teh di KTI yang memproduksi teh putih hanya di Wonosari. Sedangkan untuk Kawasan Barat Indonesia hanya di Kabupaten Bandung, Jabar

Untuk menikmati kesegaran teh putih di KTI hanya ada di dua tempat, yakni di Kebun teh Agrowisata Wonosari sendiri serta di Kafe 12 yang merupakan cabang dari Kebun Teh Wonosari yang terletak di pusat perbelanjaan City of Tomorrow (CITO), Kota Surabaya.

Sesuai namanya, warna teh putih berbeda dengan teh pada umumnya. Jika pada umumnya teh berwarna merah dan tampak kecoklatan, teh putih memiliki warna sedikit coklat dan tampak keputih-putihan.

"Rasa dan aromanya pun juga berbeda. Meminum segelas teh putih, anda akan terasa di bawa keaslian tanaman teh yang sejati," ujar Susilatama berpromosi.

Teh putih merupakan teh berbahan pilihan, sebab diambil dari pucuk daun teh (pucuk peko) yang belum mekar, sehingga untuk menghasilkan teh ini perlu kreativitas tersendiri dari para pemetik.

"Teh putih berasal dari pucuk peko yang dipilih oleh tangan pemetik berpengalam. Dari situlah tercipta teh yang berkualitas. Sebab selama ini, tenaga manusia masih belum tergantikan dalam industri teh terutama pemetik daun teh," paparnya.

Setiap petikan teh yang dilakukan pemetik, belum tentu menemukan pucuk daun yang maksimal dijadikan teh putih. Ini membuat, produksi teh putih sangat minim. "Dari seluruh total setiap petikan, hanya menghasilkan sekitar 20 persen teh putih," ujarnya mengungkapkan.

Minimnya hasil produk teh putih, membuat harganya pun cukup tinggi dibanding teh pada umumnya. Untuk satu bungkus daun teh putih yang berisi 10 gram dijual dengan Rp17.500,00, sedangkan untuk secangkir teh yang berisi 2 gram daun teh putih Rp7.500,00.

0 komentar:

Posting Komentar